Category

Tuesday, January 28, 2014

Membuat Structure di ABAP

Structure merupakan data type yang terdiri dari beberapa komponen (field). Structure hanya menyimpan data sementara yang diakses untuk sebuah tujuan tertentu saat proses runtime berlangsung. Sebuah struktur hampir sama dengan sebuah table dalam ABAP Dictionary, yaitu bisa diakses dari program ABAP, tapi tidak berkaitan dengan object-object dalam database. Structure bisa digunakan berkali2 oleh objek yang berbeda. Structure disebut juga dengan transparent table.

Cara membuat sebuah structure adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke transaksi SE11, pilih radio button Data Type. Sebagai contoh, nama structure yang akan kita buat adalah ZSTR_BILLING. Click button Create.
  • Saat pop up muncul, pilih Structure
  • Karena tutorial dalam blog ini berkaitan satu dengan yang lain, maka structure yang akan diciptakan terdiri dari field-field type TY_BILLING yang telah kita buat di tutorial Membuat Report ALV Grid Sederhana.
  • Untuk field bertipe Quantity, seperti field FKIMG, kita perlu menyertakan Currency/Quantity fields. Pada structure ZSTR_BILLING, field yang memiliki type quantity adalah field FKIMG. Data Currency/Qty fields dapat dilihat dari tabel asli yang mengandung field tersebut (diakses melalui T-Code SE11 juga)
  • Save dan aktivasi structure ZSTR_BILLING

Selamat mencoba. :)

4 comments:

  1. pir..
    cara penggunaannya gmana nantinya? hehe..

    ReplyDelete
  2. ntar kita pake pas create smartforms ya pir. next postingan. :)
    hehe

    ReplyDelete
  3. rimbun bagi contact person nya dong
    pengen tanya2 aku..

    ReplyDelete